Peraturan dan Cara Bermain Bola Bekel

Sebelum Anda bermain bola bekel, pahami dulu cara bermain bola bekel dengan benar. Selanjutnya, pahami juga peraturan bermainnya. Ini sama bila Anda bermain bet88. Maka Anda juga harus tahu peraturannya terlebih dahulu. Bila Anda terlahir di era 90-an, sudah pasti Anda masih tidak asing dengan permainan tradisional yang satu ini. Yaitu game bola bekel. Permainan yang satu ini dulunya sering sekali dimainkan di zaman dulu. Hanya saja sekarang mungkin permainan ini mulai tersisihkan. Jadi seperti apakah cara bermainnya? Sebenarnya, permainan yang satu ini asalnya dari Belanda. Saat itu, permainan ini disebut juga dengan bikkelen. Game yang satu ini dapat dimainkan hingga melebihi dari 2 orang pemain.

Peraturannya pun sangat bervariatif. Beda daerah, biasanya juga punya beda peraturan. Maka dari itulah, sebelum bermain, sebaiknya bertanya dulu peraturannya terlebih dahulu. Untuk peralatan yang dibutuhkan dalam bermain bola bekel ini adalah menggunakan 2 jenis bola dan 6 sampai dengan 10 buah bola bekel. Bola bekelnya itu sendiri terbuat dari karet berukuran 3 cm. Bolanya sangat bervatiatif dan menarik. Untuk alat yang selanjutnya adalah biji bekel. Biji ini berasal dari kuningan atau tembaga. Salah satu bagian sisinya datar dan ada tanda atau berupa titik. Sedangkan bagian yang lain terlihat mulus tanpa tanda.

Peraturan dan Cara Bermain Bola Bekel

Selanjutnya, cara untuk bermainnya adalah cukup genggam semua biji bakel dengan 1 tangan dan juga bolanya sekaligus. Kemudian, lambungkan bolanya ke atas, pantulkan 1 kali saja. Ketika bola pada posisi tidak ditangan, maka olah biji bekel dengan baik. Dalam hal ini tangan atau bola tidak diperkenankan menyentuh bagian biji yang lain saat menangkap bola bekel. Tangan juga tidak boleh menyentuh bagian tubuh lainnya supaya biji bekel tidak jauh dari genggaman. Bola beserta bijinya juga dilarang terjatuh atau sampai terlepas dari genggaman ketika bermain. Untuk yang sudah ahli, biasanya mereka akan dapat bermain dalam waktu yang lama tanpa kesalahan pada setiap setnya. Karena itulah,  kadang peraturan yang seperti ini dihilangkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top